[share] Kerajinan Tangan Rajutan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

[share] Kerajinan Tangan Rajutan

Post  Admin on Tue Mar 01, 2011 8:43 am



Merajut merupakan jenis kerajinan tangan yang telah lama berkembang. Merajut berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari Jazirah Arab. Keterampilan ini digunakan untuk membuat permadani yang diperdagangkan oleh para pedagang Arab yang kemudian disebar ke berbagai belahan dunia. Ke Timur hingga negeri Tibet, ke Barat hingga Spanyol, dan ke daerah-daerah pelabuhan di wilayah Mediterrania. Dari Spanyol, keterampilan merajut ini kemudian menyebar ke daerah-daerah Eropa lainnya dan merambah benua Amerika, Afrika, dan Asia, termasuk Indonesia yang diperkenalkan oleh orang-orang Belanda.

Merajut dibagi menjadi dua jenis, knitting dan crocheting. Crocheting adalah merajut benang yang ketebalannya bervariasi dengan menggunakan satu batang pengait atau biasa disebut hakpen atau hakken. Sedangkan knitting adalah merajut benang dengan menggunakan dua batang yang ujungnya seperti jarum tumpul. Biasanya knitting dikreasikan menjadi sweater, scarf, atau mantel yang cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh baik di musim dingin maupun hujan. Adapun crocheting biasa untuk menghasilkan pernak-pernik rumah, tas, rompi, peralatan bayi, dan bros. (Sumber: Thata Pang)

Di Indonesia yang beriklim tropis, hasil crocheting lebih banyak digunakan. Selain variasi hasil tusukan hakken lebih terlihat, harga jarumnya pun lebih mudah didapat dan terjangkau daripada jarum untuk knitting. Merajut memang hobi yang menyenangkan dan dapat dijadikan peluang usaha. Hanya dibutuhkan benang dan jarum untuk membuat berbagai hasil rajutan yang bermanfaat. Selain itu, tidak diperlukan tempat khusus untuk membuatnya dan dapat dilakukan di waktu senggang.

Admin
Admin

Jumlah posting : 22
Join date : 27.02.11
Age : 33
Lokasi : Gorontalo

Lihat profil user http://bodyguard-mantap.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik